REFLEKSI PENDEKATAN CTL



REFLEKSI
PENDEKATAN CTL
            Jadi guru masa depan harus serba bisa. Untuk menjadi guru biologi yang baik jangan mengajar seperti guru bahasa indonesia. Harus menekankan sisi ilmiah yang dikaji dari sebuah fakta bukan imajinasi suatu fenomena. Kita harus membelajarkan biologi dengan kontekstual.

Konsep Pendekatan CTL
      Belajar bukanlah menghafal
      Belajar bukan sekedar mengumpulkan fakta yang lepas-lepas
      Belajar adalah proses pemecahan masalah
      Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks.
      Belajar pada hakikatnya adalah menangkap pengetahuan dari kenyataan
                                                                                               
Karakteristiknya CTL :
1.      Pembelajaran autentik yaitu pembelajaran yang nyata
2.      Pembelajaran yang bermakna , Orang belajar tidak hanya menghafal tapi mendapatkan makna
3.      Learning community :  berada pada satu komunitas belajar dengan topik yang sama-sama di sukai.
4.      Inquiry : proses pemecahan .
Biologi : proses pemecahan yang menggunakan metode ilmiah
5.      Pembelajaran dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, saling mengoreksi (learning in a group).
6.      Kebersamaan, kerja sama saling memahami dengan yang lain secara mendalam (learning to know each other deeply).
7.      Pembelajaran dilaksanakan secara aktif, kreatif, kreatif, dan mementingkan kerja sama (learning to ask, to inquiry, to York together).
8.      Pembelajaran dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan (learning as an enjoy activity).

Komentar

Postingan Populer