REFLEKSI PENDEKATAN CTL
REFLEKSI
PENDEKATAN
CTL
Jadi guru masa depan harus serba bisa.
Untuk menjadi guru biologi yang baik jangan mengajar seperti guru bahasa
indonesia. Harus menekankan sisi ilmiah yang dikaji dari sebuah fakta bukan
imajinasi suatu fenomena. Kita harus membelajarkan biologi dengan kontekstual.
Konsep Pendekatan CTL
• Belajar bukanlah menghafal
• Belajar bukan sekedar mengumpulkan fakta yang lepas-lepas
• Belajar adalah proses pemecahan masalah
• Belajar adalah proses pengalaman sendiri yang berkembang
secara bertahap dari yang sederhana menuju yang kompleks.
• Belajar pada hakikatnya adalah menangkap pengetahuan dari
kenyataan
Karakteristiknya CTL :
1. Pembelajaran autentik yaitu pembelajaran yang nyata
2.
Pembelajaran
yang bermakna , Orang belajar tidak hanya menghafal tapi mendapatkan makna
3.
Learning
community : berada pada satu komunitas
belajar dengan topik yang sama-sama di sukai.
4. Inquiry : proses pemecahan .
Biologi : proses pemecahan yang menggunakan metode ilmiah
5. Pembelajaran
dilaksanakan melalui kerja kelompok, berdiskusi, saling mengoreksi (learning
in a group).
6. Kebersamaan,
kerja sama saling memahami dengan yang lain secara mendalam (learning to
know each other deeply).
7. Pembelajaran
dilaksanakan secara aktif, kreatif, kreatif, dan mementingkan kerja sama (learning
to ask, to inquiry, to York together).
8. Pembelajaran
dilaksanakan dengan cara yang menyenangkan (learning as an enjoy activity).
Komentar
Posting Komentar