REFLEKSI TEORI KECERDASAN GANDA

REFLEKSI
TEORI KECERDASAN GANDA
Oleh : Nur Anggraini Putri

Kecerdasan ganda adalah potensi yang dimiliki seseorang yang diaktifkan melalui proses belajar. 

Faktor penting dalam implementasi teori kecerdasan ganda :
  • Orang tua dan murid : dengan adanya dukungan dari orang tua maka kecerdasan dari anak membantu anak untuk berkembang
  • Guru : memegang peran penting. Guru harus mengetahui kemampuan murid dan cara mengajar yang baik
  •  Kurikulum dan fasilitas : fasilitas yang lengkap akan membantu pengembangan dari 8 kecerdasan tsb
  • Sistem penilaian : tidak berorientasi pada input tapi lebih kepada progress
Tokoh Teori Kecerdasan ganda
  • Dikembangkan oleh Gardner , yaitu seseorang memiliki kecerdasan yaitu seseorang yang dapat memecahkan masalah dan menghasilkan produk
Beberapa Hasil Teori dari Howard Garner
  • Manusia tidak bisa hanya menggunakan satu kecerdasannya saja 
  • Masing-masing orang memiliki kecerdasan yang berbeda-beda , bisa ditingkatkan 
  • Orang cerdas kalah dengan orang rajin
Macam-macam kecerdasan ganda
1.      Kecerdasan musikal : kemampuan untuk menghasilkan musik
2.      Kecerdasan kinestetik : kecerdasan yang lebih mengedepankan anggota fisik
3.      Kecerdasan logikal : kemampuan seseorang berkenaan dengan angka dan logika
4.      Kecerdasan visual / spasial : Memiliki cara berfikir 3D, dapat mempresepsikan gambar-gambar
5.      Kecerdasan verbal : memiliki kecerdasan yang berkenaan dengan berbicara dan menulis
6.      Kecerdasan  interpersonal : Kecerdasan yang berkenaan interaksi dengan orang lain
7.      Kecerdasan  intrapersonal : kecerdasan yang berkenaan dengan diri sendiri , ia mampu menilai diri sendiri
8.      Kecerdasan naturalistik : Kecerdasan yang berkaitan dengan alam
             Awalnya Gardner hanya  membagi kecerdasan menjadi 7 , namun ditambahkan lagi 1 kecerdasan yaitu kecerdasan naturalistik

Penerapan dalam pembelajaran
  • Guru dituntut untuk memiliki kedelapan kecerdasan dan mampu mengembangkan delapan kecerdasan  kepada muridnya
Kelebihan
  • Pembelajaran dapat lebih fokus terhadap suatu kecenderungan kecerdasan dan punya hasil yang optimal 
  • Memberikan sudut pandang baru terhadap pengembangan potensi manusia 
  • Memberi harapan dan semangat baru, terutama terhadap siswa. 
  • Membuka kesempatan pada si belajar untuk kritis dan berpikiran terbuka. 
  • Menghindari adanya penghakiman terhadap manusia dari sudut pandang kecerdasan/inteligensi.
Kelemahan
  • Mencampur adukan kecerdasan , bakat dan ketrampilan 
  • Lebih tepat untuk pengembangan individu , susah diterapkan pada pembelajaran massa
  • Membutuhkan fasilitas yang lengkap 
  • Sebagian tenaga kependidikan  belum siap menerapkan teori ini
Tambahan dari Dosen :
  • Guru tidak harus memiliki 8 kecerdasan namun harus memahami dan mengenal siswanya terkait 8 kecerdasan tersebut 
  • Intelegensi juga ada pengaruhnya dari bawaan dan juga pengembangan 
  • Cara guru mengetahui 8 kecerdasan siswa yaitu dengan cara tes , diberi tugas yang mengembangkan inovasi dan kreasi mereka dan juga kebiasaan mereka
Talent factors,  konteks lebih besar. Seseorang lebih dipengaruhi oleh intelegensi

Talenta : Sesuatu yang dimunculkan
Bakat tidak akan muncul jika tidak belajar. Lingkungan memperkuat bakat. Dorongan dari keluarga juga dapat membantu

Intelegen : potensi
  • Guna guru memiliki 8 kecerdasan yaitu : untuk dapat menilai kecerdasan yang dimiliki siswa 
  • Untuk mengetahui kecerdasan siswa yaitu bisa dilakukan dengan tes psikologi 
  • Kecerdasan ganda paling baik diterapkan pada sekolah menengah

Komentar

Postingan Populer